Rabu, 27 Juni 2012

Sssstt... Ini Rahasia...



Sekitar 6 bulan yang lalu, kantor ada acara di luar kota. Saya kebagian se kamar dengan (sebutlah) Mawar dan Melati. Keduanya teman seangkatan saya. Mawar baru saja menikah sekitar 7 bulan waktu itu, sedangkan Melati sama seperti saya masih single.

Saya dan Melati waktu itu satu bed, sedangkan Mawar di tidur di extra bed. Awalnya tidak ada masalah, sampai saya mulai risih ketika Mawar ini sering sekali telpon-telpon-an dengan suaminya, dengan nada ya manja dan .... begitulah. Bukan iri, cuma bete aja, orang jam 11 malem masih telponan, jam 5 pagi udah telponan lagi. Dan nada-nya itu lho...

Saya sempat tegur, "Lo kalu nelpon biasa aja napa?gue aja yang lo bilang bocah ga pernah telponan sampai kayak gitu (baca:manja, merengek-rengek) mana kenceng lagi, gue pengen tidur"

Dia cuma ketawa sambil bilang "Hahhaaa...sirik aja lo...".

Kejadian berlanjut, besoknya setelah sholat Shubuh saya tidur, sayup-sayup saya denger Mawar Melati pada cekikikan, saya yang suara berisik dikit aja engga bisa tidur kecuali capek banget , pun akhirnya bangun, setengah sadar saya denger Mawar nyritain detail (sampai ke hal yang engga pantas) tentang malam pertamanya ke Melati.  

Saya langsung melek dan setengah kesel ngomong " Ni (saya manggil dia Uni), lo ngapain sih cerita kayak gitu? pamali, ga sopan , dosa tau. Gue emang ga pinter-pinter amat  tapi setau gue ada hadist-nya yang nanya sama yang cerita itu dosa. Lo kan harusnya lebih ngerti"

Lagi-lagi dia cuma ketawa sambil ngomong "Yaelah ini bocah bangun tidur udah ngomel-ngomel aja...engga segitunya juga kali", aahh saya langsung kesel sendiri waktu itu. Trus kabur ke kamar mandi.

Yaaa... Mawar aja dia engga mau pacaran, sama suaminya aja prosesnya ta'aruf, tapi kebiasaannya suka cerita hal kayak gitu masih sering. FYI, di kantor Ibu-ibu itu demen banget kalau habis sholat Dhuhur atau Ashar pada ngerumpiin  "masalah ranjang".

Kejadian terulang saat seorang teman posting hal yang serupa, udah di-edit sih  sekarang, cuma waktu itu saya juga langsung komen "sedetail itu diceritain?". Sangat heran aja, apa engga malu nyritain "rahasia dapur" ke orang lain meskipun itu temen deket. Apalagi masalah seperti itu. 


Kejadian seperti ini beberapa kali saya alami, dan herannya justru terjadi pada orang-orang yang yaaa...sepengetahuan saya ilmu agamanya jauh-jauh lebih ngerti, bukan berarti saya udah ngerti banget, tapi dari segi kesopanan aja, emang sopan ya? Jauh itu dari sopan.

Sering saya mengcut "udah, jangan dilanjutin ceritanya, nanti malah arahnya cerita kesana, dosa, pamali itu".

Ya...semoga ini juga sebagai reminder buat saya, harus pinter-pinter milah mana yang pantas dishare ke orang lain, mana yang engga pantas bahkan engga boleh.

GS LT4, Rabu, 27 Juni 2012
13:15

20 komentar:

  1. ...

    Jadi inget seseorang yg diceritain detil MP temennya ampe malu abis2an..

    BalasHapus
  2. itu juga...

    di-cut aja kalau ada yang mulai menjurus cerita ke sana..

    BalasHapus
  3. iya emank ga boleh dicritain
    dosa
    setau aku juga ada hadistnya
    tar ya tanya dulu sama yang kompeten

    dan juga secara keetisan juga sangat tidak etis

    btw ini analisisku aja
    kalo orang suka nyritain detil hal yang seharusnya rahasia, tar kalo ribut atau ada masalah atau hal negatif atau apapun jadi bakal diumbar juga
    yang malu yang punya rumah tangganya sendiri
    na'udzubillahi min dzalik

    BalasHapus
  4. iya Mbak Ii...

    buat pengingat kita... jangan sampai seperti ituu...

    BalasHapus
  5. nah masalahe...
    Yg curhat itu (sebutlah si A) merasa ragu banget pas 'melakukan'nya.... jadi dia itu takut ada yg salah.
    Diceritainlah itu ke temenku. Detil. Ampe temenku malu plus risih.
    Habis itu si A baru merasa plong.
    Nah itu gimana coba... masih polos banget kali ya?

    mungkin sekarang si A baru kerasa malu karena udah cerita MPnya~

    BalasHapus
  6. Ya Allah, orang udah gak punya malu apa?
    Ilmunya belum sampai kali, tapi mestinya kan yg jadi pengingat diri sendiri itu rasa malu.

    BalasHapus
  7. si A harusnya curhatnya ke seksolog/ dokter/ ahlinya ve

    BalasHapus
  8. Weleh2... Maksudnya utk apa ya diceritain gitu? Hihih..

    BalasHapus
  9. wah jyan nin, dikon curhat karo aku wae kene :D

    BalasHapus
  10. sama Ve... itu rekan kerjaku tuh..ga tau apa mungkin lagi seneng-senengnya apa gimana....palingan klo masih diterusin aku tinggal pergi ajaa

    BalasHapus
  11. Iya Mbak Lia...sebagai pengingat aja...ehh jangan salah mbak...beberapa kali justru mereka yang udah sering dipanggil ukhti..bahkan ustadzah..ya kembali sih...itu hanya sebutan dari manusia jugaa...

    BalasHapus
  12. engga tau mbak...mungkin something new yang pengen mereka ceritain....

    BalasHapus
  13. dia-nya bisa mencak-mencak kali mas klo langsung aku serahkan ke kamu... :))

    BalasHapus
  14. beda buuu...
    itu mah emang saking senengnya...
    lah si A mah karena takut je~
    mungkin kayak berdosa ato apaa gitu ya...

    BalasHapus
  15. mb ii:

    iyooo... mestinya gitu ya... :|
    salah-tempat-curhat

    BalasHapus
  16. ya setidaknya setelah dia cerita pengalamannya ke gw jadi lebih plong gitu wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  17. aku sama vera juga pernah lho sebenarnya.. baca cerpen buat lomba, yang ga tahu kenapa temanya tentang itu dan penceritaannya detil banget :))

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design