Minggu, 15 Maret 2015

My Second Pregnant (8)

Jum'at tanggal 13 Maret kemarin, ibu dan ayah datang lagi untuk kontrol. Seperti cerita sebelumnya, perubahan fisik mulai terjadi (selain soal berat badan yang nambah ya) seperti sudah sekitar semingguan ini ibu kadang terasa sesak nafas, perut lebih berasa berat, dan seperti sebelumnya, area bekas operasi caesar ke bawa ngilu. Bahkan Jum'at Shubuh di tengah tidur ayam itu ibu merasa berat sekai untuk nafas.

Tapi saat periksa, belum sempat ibu menceritakan setiap detail yang ibu rasakan, dokternya sudah menebak rinci semua dari masalah sesak nafasnya, perut yang sering terasa kencang dan keras, sampai ngilu bagian bawah, dokter bilang normal, karena semakin besarnya adik di perut, everything is ok, darlaa :*. Dokter bilang ibu harus tenang,rileks, jangan stres biar engga sesak nafas, trus tidur dengan setengah duduk, atau tidurnya miring ke kiri.

Daaaan jarak 5 minggu dari kontrol kemarin, di usia kandungan 32 minggu ini, berat ibu nambah 4kg, dan adik naik 1200 gram, ini wooow, range pertambahan kata dokter 800 gram-1000 gram tapi kemarin dokter bilang engga apa-apa dengan kondisi yang sekarang. Pas di USG, adik nutupin pakai tangan, eh ya... ibu kok merasa sekilas adik buka mulut dan sempat meletin ibu ya.. entahlah. Apapun itu, ibu cuma berharap adik lahir selamat, sehat,engga kurang suatu apapun, dan panjang umur. Aamiin.

Dua minggu lagi jadwal kontrol lagi, sepertinya sudah mulai masuk kontrol 2 mingguan karena udah masuk 8 bulan toh, ada rasa deg deg kan ada rasa khawatir, dari rencana caesar tanggal 23 April ibu minta tanggal 24 April karena pengen hari Jum'at. Semoga rencana kita dilancarkan dan diridloi Allah ya sayang. Aamiin.

Oh ya, seperti biasa, ada aja yang agak gimana gitu denger ibu caesar, ngerti sih gimana orang-orang memandang, pengen yang praktis mungkin begitu, buuut mereka kan engga tau riwayat ibu. Caesar beda sufor, artinya melahirkan caesar adalah kondisi darurat, yang mungkin ada sih yang karena merasa engga sakit, padahal kata siapa caesar engga sakit. Kalau kasus sufor itu kan masalah klasik yang orang cepat ambil jalan pintas tanpa cari penyebabnya. Makanya ibu sih santai aja ntar kalau ada yang komen kok caesae, yang penting ibu akan berusaha sekuat tenaga harus ASI no sufor. Karena sekarang di pikiran ibu apalah artinya melahirkan normal, tapi habis itu dikasih sufor. Padahal udah jelas UU mengenai sufor. :p

Soal VBAC (vaginal birth after caesarian) atau melahirkan normal pasca caesar, dokter dulu pernah bilang mengijinkan kok, cuma karena kasus yang pertama dulu, dokter bilang lebih baik caesar. Dan ibu kok jadi takut untuk vbac, ayah yang tadinya pengen vbac juga sekarang agak-agak worry, karena vbac juga bukan tanpa resiko lho, harus bener-bener ada pendampingan.

Oh ya ibu kayaknya harus ngerem karbo atau gula-gula, emang sih dibanding hamil kakak dulu, pas hamil adik nih bisa dibilang minim ngemil, cuma maunya yang manis-manis. Buat jaga BB adik biar engga obes.

Sehat, selamat, sempurna ya sayang.
We love you

Giriwoyo, Minggu 15 Maret 2015
23:11

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design