Minggu, 20 Desember 2015

Cerita Bena (Tips dan Trik MPASI)

Haaii... gini nih kalau udah berhasil posting sekali pasti kecanduan pengen nulis lagi. Kali ini saya mau berbagi tips soal MPASI Homemade, kalau ada yang bilang ribet dan sebagainya emm... sebenarnya mudah kok asal niat dulu deh, eh saya sebenarnya punya utang nulis soal perlengkapan MPASI ya...duuh...nanti deh yaa hahhaha yang di otak ini soalnya.

MENU 4 BINTANG
Apa sih menu 4 bintang? Menu 4 bintang adalah menu makanan yang setiap kali makan ada sumber karbohidrat, sayuran, protein hewani, protein nabati. Lalu menu 4 sehat 5 sempurna itu? Menu itu sudah dihapus dari tahun 90an bu, susu bukan lagi penyempurna karena hakikatnya bayi 0-24 bulan itu ASI, setelag usia 24 bulan alias 2 tahun susu sudah tidak diperlukan lagi. Itu sependek yang saya tahu.

Untuk MPASI menurut WHO usia 6 bulan 2 minggu sudah mulai menu 4 bintang, 2 minggu awal masih menu tunggal untuk cek alergi. Selain menu 4 bintang ada tambahan lemak. Prinsipnya dari yang saya baca, jika orang dewasa perlu banyak serat, rendah lemak kalau bayi kebalikannya.

MPASI HOMEMADE? MUDAH
Pertama-tama saya memilah dan menulis dulu sumber pangan dari keempat menu 4 bintang tadi. Misal dari sumber karbohidrat saya akan mengenalkan beras putih, beras merah, kentang, ubi, oatmeal,dsb dari sayuran saya kenalkan wortel, buncis, kacang panjang, bayam, dsb, dari sumber protein hewani ada hati ayam, daging ayam, daging sapi, udang, ikan, telur, sumber protein nabati ada tempe, tahu,kacang tanah, dan lemak tambahan bisa dari unsalted butter, evoo, eloo, atau minyak sayur biasa.

Duh homemade mahal ada daging sapi segala, udang, ayam, duuh bu saya ga selalu itu. Saya beli dada ayam 1/2 kg itu Rp 15.000,00  saya cincang sendiri (karena setelah saya bandingkan dengan beli daging ayam giling lebih mahal hahahah) itu kalau saya turutin bisa seminggu lebih tapi saya beli itu juga buat menu masakan saya pribadi dan suami. Masih ada ikan masih ada telur.

Kemudian aduh ribet banget, engga kok. Kalau berdasarkan teori masak bubur 4 bintang itu semua dicemplungin bareng baru disaring, jadi beras dimasak bubur pas mau mateng ditambah sayur, sumber proteih hewani, sumber protein nabati, begitu mateng tinggal saring. Tapiiii... Bena doyan? NO! Bena maunya dimasak sendiri-sendiri. Jadi cara saya

1. Saya sudah susun menu karbo untuk Bena selama seminggu, misal Senin beras putih, Selasa beras merah, Rabu kentang, dst.

2. Saya stok puree sayur untuk 2 hari. Misal Senin Selasa puree labu siam, Rabu Kamis puree wortel.

3. Sumber protein hewani dan protein nabati biasa saya gabung, jadi misal steam tahu telur (tahu jepang dihancurkan campur telur ayam. dikukus/steam), tempe daging ayam, dsb. Atau stok protein nabati untuk 2-3 hari kedepan. Contohnya abon tempe (saya cuma tempe cincang halus sangrai sampai kecoklatan simpan di wadah kedap udara), atau kacang tanah tanpa kulit yg disangrai kemudian dihaluskan.

4. Saat usia 8 bulan ini jauh lebih mudah, saya sudah berikan menu keluarga versi bayi artinya no gulgar dan potongan lebih halus sesuai kemampuan bayi. Saya pernah bikin soto ayam, bahannya sama cuma kubis, kol, saya cincang halus, kalau yang dewasa pakai kentang goreng buat bena saya kasih abon tempe, tinggal tambah nasi tim jadikan menu 4 bintang? :)

Oh ya saya terapkan no blender dari awal, menurut teori sih naik teksturnya susah, saya pernah iseng nih karena capek, kalau buat menu puree jagung iseng saya blender, Bena jadi engga lahap. Kemudian di usia 8 bulan ini Bena sudah saya kenalkan keju, saya pakai Prociz karena kadar garam rendah. No gulgar kok pakai keju? Ini cuma untuk pengenalan :) tidak setiap hari, dibatasi 2x seminggu tidak lebih dari 1 sendok teh sesuai rekomendasi. Keju ini bisa merusak rasa lho bu, jadi dibatasi penggunaannya.

Kemarin sempet saya bingung pas ayahnya Bena ngajak acara fun walk, acara dari jam 06.00 pagi, kalau dikasih makan seperti biasa males ribetnya, akhirnya bikinlah makanan 4 bintang sekali telan hihihi. Kebiasaan memilah sumber makanan itu membantu banget lho Bu, tadinya saya mau bikin dari oat tapi sumber lain gimana nih. Tercetuslah menu kentang, bayam, telur, tahu (jadi 4 bintang kan?) saya tambahi keju di atasnya, kenapa ? Saya batasi kalau Bena makan ke banyak, bagian kejunya buat ibunya hahaha...gampang diambil dibanding kalau kejunya ikut dicampur ke adonan.

Jadi yuk bu, ke homemade. :)

Ada rasa kadang malas kadang ribet, tapi jujur ini yang saya rasakan, karena sudah 2 bulan saya sering makan makanan hambarnya Bena walaupun cuma icip-icip saya jadi agak aneh kalau makan makanan bergulgar, jadi saya pikir oh ya ada benarnya juga kalau dari awal anak sudah diberi gulgar bisa jadi pilih-pilih.

Semangat memasak untuk buah hati kita ya Bu, ingat rendang asli lebih enak daripada mie instan rasa rendang :D

IMY, Minggu 20 Desember 2015
20:54

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design