Sabtu, 20 November 2010

(Belajar Kepada) Ikan Salmon

Kali ini saya ingin menceritakan tentang seekor salmon dari teman saya. Jangan membayangkan saya diberi hadiah ikan salmon *apa salmon termasuk jenis ikan yang dipelihara?hihihi atau ditraktir makan ikan salmon *ini sih ngarep. Ini tentang perumpamaan yang dia katakan dan entah dari mana sumbernya.

Minggu kemarin,seperti biasa saya mewek-mewek, kesal, kecewa, dan marah. Saya rasa efek PMS (Pre Menstruasi Syndrome)yang begitu dahsyatnya *doh lebay!!!, saya menelepon teman saya ini, ngobrol kesana kemari, menghilangkan kejengkelan, kemarahan, dan kesedihan, sampai akhirnya kami ngobrol tentang sebuah topik, lingkungan.

Bukan tentang kampanye Go Green, tetapi tentang lingkungan pergaulan kita, lingkungan kerja, lingkungan tempat kita bersosialisasi. Ketika itu saya bercerita, saya suka kesal sendiri, kenapa sih selalu ada orang-orang yang saya sebut penjilat, tukang tipu, dsb. Saya cerita panjang lebar tentang keadaaan-keadaaan yang sering saya lihat, dari hal kecil dan tidak penting sampai hal yang lebih tidak penting lagi. Hehehehe. Contohnya kenapa sih orang itu susah banget mengakui kesalahan, kenapa sih ada orang yang suka “menjilat”, kenapa ada orang yang suka berlindung dibalik jabatan, harta, dan kekuasaan yang dimiliki? kenapa sih orang itu ada yang seperti ini seperti itu?

Dan teman saya menjawab, "itulah hidup". Kenyataan memang seperti itu,yang terpenting kamu bisa jadi ikan salmon. “Ikan salmon?” tanya saya waktu itu.

Jawaban dia, “Iya, ikan salmon, kamu tahu? Ikan salmon itu ikan yang mampu melawan arus, ikan yang selalu berusaha melawan arus saat dia bermigrasi dari laut ke sungai. Seperti sekarang, seandainya kamu berada dalam suatu lingkungan yang kamu tidak nyaman, pertanyaannya, apa kamu bisa merubahnya? Jika belum bisa, setidaknya jangan sampai terbawa arus, jadilah ikan salmon.”

Kalaupun kamu belum bisa merubah suatu keadaan menjadi lebih baik,yang terpenting jangan sampai terbawa arus.
KHM No.4, Rabu, 27 Oktober 2010
1:30:21

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design