Rabu, 23 Februari 2011

Sebuah Proses (Belajar pada Pembuatan Keramik)

Saya hanya berniat meluruskan, saya hanya berniat memberi tahu. Saya mungkin bukan ahli-nya, tetapi meskipun sedikit, itu ingin saya bagi. Saya bagi kepada mereka. Saya bagi dalam bentuk “mengingatkan”. Kenapa? Karena saya sayang.

Beberapa waktu yang lalu pun seorang kawan sempat mengirim sms yang isinya,
Tegur jika aku mulai sombong, tegur jika aku mulai angkuh, tegur jika aku mulai salah, karena aku masih butuh sahabat sepertimu hari ini, esok, dan selamanya. Karena sahabat itu seperti bintang, walaupun jauh dia bercahaya, meski kadang menghilang dia tetap ada, tak mungkin dimiliki, tapi tak bisa dilupakan.

Sayangnya... tak selamanya niat baik kita itu disambut baik. Mungkin cara saya yang salah, mungkin waktunya yang kurang tepat, dan mungkin masih ada kemungkinan-kemungkinan lain yang menyebabkan apa yang ingin kita sampaikan menjadi berbeda. Dengan kata lain tujuan kita tidak sampai, dan tak jarang justru menimbulkan selisih paham.

Dampaknya pun kalau tidak sampai maksud dan tujuannya bisa tersinggung, menimbulkan kejengkelan di masing-masing pihak. Ini baru saja saya alami.

Sempat berpikir yaudahlah, nyesel udah ngingetin kalau malah jadi kaya’ gini. Namun seorang kawan bilang, “tugas kita sebagai seorang teman, hanyalah mengingatkan, urusan dia mau menjalani atau tidak, mau mengerti  atau justru sebaliknya, sebaik-baiknya kawan kita tetap harus mengingatkan”. Tapi jujur, pasti ada rasa jengkel bukan ketika niat baik kita disalah artikan.

Lalu apa jawaban teman saya? Dia mengatakan ingatlah selalu cerita tentang keramik yang harus bolak-balik dibentuk, dipanaskan, baru menjelma jadi wujud yang rupawan. Ujian yang bikin kesel, jengkel, dan yang lain itu  sama kaya proses pembakaran keramik. Seolah-olah sakit, padahal setelahnya justru membuat kita jadi makhluk yang lebih baik.

*terimakasih kepada kawan yang tak bosannya meluruskan saya setiap saya mulai berbelok

GS LT4, 23 Februari 2011
08:03:01

1 komentar:

  1. gunanya temen jadi filter, klo temen nggeh nggeh ngga kepanggeh ya ma aja boong :D

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design