Senin, 02 Desember 2013

Masa-masa Kehamilan

Hello Bloggers...

Mumpung lagi semangat-semangatnya ngeblog, saya mau sharing soal kehamilan saya. Yaa tentang perasaan dan perubahan fisik yang saya alami.

Tapi...jangan berharap ada foto saya...hahaha ge er amat ya...? Tapi memang sejak tau hamil, yang namanya narsis tuh jadi ilang. Males aja bawaannya, apalagi dengan perubahan fisik, seperti kulit jadi kusam dan panen jerawat. Hiks..

Ok... mari kita mulai..oh ya kakak Baby saya panggil Kabica.

1. Trimester Pertama (1 Minggu - 12 Minggu) atau 0-3 bulan
Saya mengetahui kehamilan saya ketika janin berusia kurang lebih 5 minggu, atau sekitar 1 bulan lebih, berdasarkan HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir) tanggal 22 April 2013.

Pada masa-masa ini, awalnya sering mual, seperti masuk angin, perut agak kembung, apalagi ya? Yaa pokoknya kayak orang masuk angin. Inget kan cerita kedodolan saya, yang malah sempat minum antimo karena saya pikir lagi masuk angin.

Pas ini saya masih doyan makan, walaupun akhirnya (maaf) muntah, tapi masih bisa masuk. Suami sempat khawatir sih, kok muntah terus, tapi saya masih merasa kuat. Pokoknya kalau habis makan trus muntah ya makan lagi. Walaupun akhirnya sempat semalem masuk RS karena udah lemes.

Tips, makan biskuit dan susu. Saya sih hajar bae, selama bisa masuk semua masuk. Cuma ya memang sempat yang eneg banget, engga doyan nasi.

Yang pasti perasaan jadi sensitif sekali, jadi himbaun untuk para suami.. Please...jaga perasaan istri apalagi ketika awal-awal kehamilan, lebih sensitif dari pas PMS.

Sensitif tidak hanya soal perasaan tapi soal bau-bauan. Saya dulu engga mau dekat-dekat suami. Mau pakai minyak wangi, sabun, apalagi engga dua-duanya.

Selain itu bawaannya males, pengen rebahan aja di kasur.

2. Trimester Kedua (13 Minggu-28 Minggu) atau 3 bulan-7 bulan

Saat menjelang 4 bulan menurut saya adalah puncak puncaknya yang namanya mual, pusing, lemes, dan segala perubahan psikis.

Saya sempat turun 3kg, karena makan bener-bener cuma biskuit. Trus mulai susah tidur malam, sering pipis, pinggang punggu mulai pegel-pegel. Minta usap-usap aja kalau mulai pegel, setidaknya itu bikin rileks.

Pola tidur saya pun berubah, malam susah tidur, jadi kalau beres-beres masak banyak saya lakukan di malam hari. Siang? Tidur. Hihihi... pengalihan biar engga mual.

Oh ya saya banyak makan sayur-sayur, hati ayam, telur, susu kedelai. Usia kehamilan masuk 5 bulan udah mulai normal, bisa beraktifitas seperti biasa. Mulai sering lapar, ditahan dikit langsung pusing. Tapi alhamdulillah udah mulai masak, nyuci dan beberes yang lain di waktu normal alias siang. Walaupun kadang suka engap-engapan. Tapi anggap aja olah raga.

Usia menjelang 7 bulan, saya sudah pulang ke rumah orang tua, maklum kelahiran anak pertama, saya sempat flek dan harus bedrest. Kata dokter karena kelamaan duduk. Ya waktu itu saya naik kereta sekitar 7 jam, plus naik mobil 2-3 jam.

Sampai di rumah, saya beraktifitas seperti biasa, ya nyapu, bersihin kamar mandi, tiba-tiba aja jadi flek. Saya sih engga merasa sakit, tapi ya kan lagi-lagi sekarang ada Kabica di perut Ibu :')

Kebiasaan engga bisa tidur pas malam hari mulai lagi. Selain itu BB mulai naik, hiks mulai senewen deh, sekarang udah naik 15kg dari BB sebelum hamil. Berapa jadi berapa? RA.HA.SIA wkwkwkwk...

Mulai disarankan dokter untuk senam hamil, hiks tapi di sini engga ada kelompok senam hamil, senam sendiri angot-angotan. Beli kaset yoga ibu hamil juga dipraktekinnya dikit. Disuruh Ibu sering jalan-jalan. Tapi haduh kadang-kadang ngantuk banget, lha gimana, malam tidur paling 2-3 jam.

Trus jalan-jalan pakai aplikasi Run Keeper, 250 m kalori yang terbakar sekitar 12-13 kalori, liatnya malah jadi senewen inget berat badan. Hahahaa...

Perut semakin besar, hiks dan muncul strectmark padahal yah udah rajin pakai olive oil, kulit juga jadi hitam dan kusam, jerawatan tapi katanya mah kalau hamil emang suka gitu.

Nanti lah habis lahiran baru nodong suami buat perawatan hahhaa...

3. Trimester Ketiga (29 Minggu-40 Minggu) 7 bulan-9 bulan
Belum full yaa, besok baru masuk 32 minggu alias 8 bulan. Detik-detik mulai dekat ketemu Kabica. Mulai sering pegel pinggangnya, engga betah duduk lama, tapi betah kalau jalan-jalan apalagi ngemall hahhaa. Mulai susah kalau duduk di bawah, kadang sakit di perut atas kalau lagi sujud pas sholat, jadi akhir-akhir ini sholatnya sering sambil duduk. Oh ya betis kadang kram, sakitnyaaa, ruas-ruas jari mulai pegel, kadang kesemutan.

Tapi happy... hihihi apalagi kalau Kabica mulai ngajak maen dengan nendang-nendang perut Ibu. Bakal jadi moment yang dikangenin ntar.

Oh ya, sejak usia kehamilan 5 bulan suka pegel perut bagian bawah, kaa dokter sebaiknya pakai closet duduk, jangan sering jongkok, yang diseringin itu sujud. Hihihi..

Kayaknya segini dulu deh sharingnya... ntar ditambahin lagi sambil inget-inget :p

Rumah Pelangi, 2 Desember 2013
00:04

2 komentar:

  1. nah udah mula kerasa kan nendang2...:)
    :o:

    BalasHapus
  2. iya mamih...kyknys dari 5 bulan udah beras baru ngeh setelah bener-bener tendangan hihihii....

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design