Rabu, 04 Desember 2013

Nyari (Jodoh) Dokter

Hi bloggers

Masih soal seputar kehamilan, kali ini saya mau berbagi cerita soal pemeriksaan Kabica.

1. Bidan
Pertama kali periksa setelah tahu kalau lagi hamil, waktu itu ke salah RS dekat rumah. Awalnya saya pikir yang "megang" poli di Ibu dan Anak ini adalah seorang dokter, baru saya tahu kalau beliau ini bidan.

Ok, di sini  saya bukan mau menjelek-jelekan ataupun membandingkan dokter dengan bidan, tapi saya sharing aja.

Pertama kali datang, seperti biasa dicek tensi, BB, dan TB oleh asisten bidan tersebut, kemudian diperiksa pakai jari, untuk mengetahui perkiraan usia kehamilan, waktu itu katanya karena masih sekitar 5 minggu, engga perlu usg karena engga akan keliatan.

Ok, pemeriksaan kedua, bulan berikutnya, saya mulai tidak puas, karena pemeriksaan pun masih sama. Yaa, pengen di usg, karena sebagai orang awam, saya mencari informasi sebaiknya usg untuk memastikan kehamilannya.

Dan sebelum pemeriksaan ketiga, saya sempat nginep di RS gara-gara morning sick itu. Nah, kecewanya saya, ada beberapa kalimat yang bikin saya agak jengkel waktu itu. "Gimana enak diiinfus?", asli kesel saya.

Saya mulai melobi suami untuk cari deh dokter spesialis kandungan, tapi suami bilang, nanti ajalah.

Nah,ini puncak dan terakhir kali saya periksa, hihihi...waktu itu menjelang lebaran, ditanya mudik engga, saya bilang engga, dan jawabnya "ya bagus...daripada nanti keguguran". Jleb! Asli saya kesel, engga ada kalimat lebih halus apa ya?

Aaaaarrggghh....dan yang bikin kesel, bahkan beliau ini lupa sendiri dengan rekam medik eh apa iti catatan periksa saya yang dibikin sendiri. Lupanya gimana? Jadi bilang "ini yang benar berapa nih usia kandungannya?" sambil liat-liat tulisannya sendiri, dan "kok pas ini hasil turun ya? Lagi flu kali waktu itu". Baru saya jawab "kan sempat opname itu".

Hiih... engga mau lagi, selama 3-4 x periksa juga engga gitu gitu aja, perutnya diraba-raba aja, engga ada pengecekan detak jantung. Itu juga saya nyari-nyari info ke teman yang perawat, teman-teman yang hamil, gimana sih pemeriksaan ibu hamil tuh?

2. Dokter Kandungan 1
Setelah memutuskan say goodbye saya bidan itu, saat yang sama dapat info dari teman sekaligus tetangga depan tentang dokter kandungan di situ.

Akhirnya, menjelang usia kehamilan 5 bulan, datanglah saya ke dokter tersebut, ada tragedi salah alamat, ternyata dokter tersebut sudah tidak praktik di tempat yang alamatnya dikasih teman, praktiknya di rumah.

Muter-muter nyari, akhirnya berjodooh. Dan saya langsung suka, dokternya sabar, nanya apa aja dijawab, pertama kali pula bisa puas nanya-nanya, usg, dengerin detak jantung Kabica. Rasanya pengen nangis terharu.

Dan jujur saya suka kalimat-kalimatnya itu lho, positif, misal ketika saya mulai nanya "dok, kegendutan engga saya?", jawabnya "engga, masih normal kok, tapi kurangin saja sumber karbohidratnya, banyakin sayur, buah, sumber protein, terus porsinya juga jangan 2x lipat, kan hamil bukan berarti 2 orang yang makan". Duh, pokoknya mah adem dengerinnya.

2x saya periksa di sini, karena menjelang bulan ke tujuh saya udah pulang. Pokoknya jauh banget deh perasaannya, itu yang suka saya bilang ke suami, kan tau gitu dari dulu kesini, jadi engga perlu makan ati dulu.

Hahaaaa...

3. Dokter ketiga
Dokter ketiga ini, sebenarnya di luar rencana saya. Tiga hari di rumah setelah mudik itu, tiba-tiba saya flek. Ibu memanggil bidan dekat rumah, sempat was was sih, agak trauma sama bidan, untung sama bidannya disuruh langsung ke dokter kandungan aja.

Singkat cerita, 2x juga saya periksa di dokter ini, daaaan lagi-lagi saya suka, dengan pelayanannya. Ramah, penuh kalimat positif, dan nenangin bangetlah. Apalagi waktu itu, harusnya saya bedrest di RS tapi masih ditawarin "mau bedrest di RS atau di rumah", pas saya milih di rumah pun dokter bilang engga masalah, asal bener-bener bedrest, engga boleh ngapa-ngapain di kasur aja, sholat juga harus di kasur.

Alhamdulillah sehat.

4. Dokter keempat
Kalau puas dengan dokter ketiga kenapa harus pindah lagi? Jadi saya pengen banget ditanganin dokter n RS yang pro ASI. Mau bisa IMD, no sufor, dan room in.

Di dokter ketiga ini, beliau juga punya rumah sakit, cuma sayang kata teman saya yang pernah melahirkan di sana engga pro ASI. Selain itu antri di dokter ini bener-bener uji kesabaran, pasiennya banyak booo...dateng jam 5 sore, baru dapat giliran jam 7 malam, itu padahal saya antrian no.2. Udah ditelp dulu juga sama, telp aja dapat antrian no. 27. -.-

Dokter keempat ini, juga sama seperti dokter kedua dan ketiga. Asik bangetlah, tau dong ibu hamil tuh sensitif banget perasaannya, jadi butuh kalimat-kalimat positif. Dan RS tempat beliau praktik ini pro ASI.

Meskipun jarak rumah ke rumah sakit ini 2 jam, tapi puas lah. :)

Semoga Kabica sehat, normal, engga kurang suatu apapun, bisa melahirkan di rumah sakit ini dengan normal, bisa IMD, full ASI, dan room-in.

Aamiin

Rumah Pelangi, Rabu 4 Des 2013
01:28

2 komentar:

  1. Aaminnn
    Jangan lupa ya ntar kalau udah keluar dedek-nya, smsin Tante Anna (siapa itu? :P)
    Biar cepet kebaca beritanya :)

    BalasHapus
  2. hehhee... in Shaa Allah...nanti ngabarin bulik Anna ;)

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design