Senin, 15 April 2013

(Menjadi) Warga Kompleks


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog  bersama Anging Mammiri, minggu pertama.

Hampir dua bulan, eh sudah dua bulan deng ya, saya sah  menjadi seorang Nyonya Uno. Salah satu konsekuensinya saya harus ikut suami (yaiyalah). Jadi gini, suami saya bekerja sebagai “tukang minyak” di salah satu BUMN di sebuah kota kecil di pinggiran utara Jawa Barat. Sebenarnya belum full saya tinggal bersama suami, karena saya masih terikat perkerjaan saya di ibukota, saya menghabiskan sisa cuti nikah dan  setiap weekend saya baru pulang.

Saya dan suami tinggal di sebuah kompleks perumahan yang mayoritas warganya adalah dimana para suami hampir sebagian besar bekerja di tempat suami saya bekerja. Sementara para istri, lebih banyak sebagai  IRT (Ibu Rumah Tangga). Pesan suami saya dari awal adalah saya dilarang untuk terlalu banyak berinteraksi yang dalam artian kongkow-kongkow bersama para ibu-ibu, takutnya mah jatuhnya malah jadi bergosip. Ya, sekedar saling sapa aja.

Seminggu pertama, belum ada kejadian apa-apa, selain paling agak menjadi perhatian (alah ge-er deh hihihihih), ya mungkin mbatin aja kali, suka diliatin, kalau pas lagi belanja sayur atau lagi bersih-bersih halaman rumah, sementara saya palingan senyum aja. Paling beberapa kali disapa “belanja neng?”.

Nah menginjak minggu kedua, suatu hari ibu yang tinggal di deket rumah, sebutlah Bu Nina (tenang sodara, ini adalah nama samaran) memanggil saya, menanyakan piringnya yang ada di rumah saya, oh ternyata sebelum suami saya cuti nikah, Bu Nina pernah membagi kue-kue ke seluruh tetangga, waktu itu suami saya belum sempat mengembalikan. Nah, pas saya ngembaliin piring itu lah saya terlibat dialog, ya setelah basa-basi dan menanyakan kehebohan di rumah saya, jadi beberapa hari sebelumnya mertua saya datang, tibalah pada sebuah pertanyaan “waah kemarin dibeliin rak piring ya?”, saya cuma melongo sambil menjawab “engga bu..”, karena memang pada kenyataannya engga ada yang bawain rak piring. Ibunya masih engga percaya “ahh... masa sih, itu tetangga depan yang bilang, jadi bener engga dibeliin rak”, saya cukup senyum sambil menggeleng kepala. Tak berapa lama, tetangga depan ikut keluar “Mbak ikut kita-kita sini lho, kita mah baik kok”, saya senyum sambil mengiyakan.

Kebetulan pula, di depan rumah saya ini ada taman bermain yang biasanya setiap sore banyak ibu-ibu yang mengasuh anak-anaknya, ya rutinitas makan sore sambil main ayunan. Nah, kejadian lagi sama suami saya, engga sampai ada percakapan sih, jadi waktu itu kebetulan saya sudah kembali ke Jakarta karena cuti sudah habis, dan kebetulan pula bukan weekend jadi saya tidak ada di rumah, suami saya menyapu halaman depan, maklum sepertinya hanya tinggal kontrakan kami saja yang halaman rumahnya masih bertanah dan berpohon, ada dua pohon mangga di halaman, yang mewajibkan kita harus rajin menyapu kalau engga pengen rumah jadi suram (halah), suami saya lebih memilih ketika sore hari menyapu, jadi waktu itu pas dia nyapu katanya diliatin sama sekumpulan ibu-ibu yang lagi berkongkow di taman depan rumah, hihiiihiii. Suami saya langsung buru-buru aja nyelesain nyapunya, takut dikira SSTI(Suami-suami Takut Istri) kali yaa, karena mau-maunya nyapu.

Ya, kayaknya sudah menjadi rahasia umum kalau tinggal di kompleks perumahan gitu, harus pintar-pintar bergaul, karena salah-salah nanti malah jatuhnya ngegosip, itu yang dikhawatirin suami saya,misalnya nih  rumah A beli mobil, nanti rumah B kepancing langsung ningkatin rumah, hahahaa, nah biasanya nih bisa terjadi kalau salah gaul, jadi sama suami sementara saya di keep dulu di dalam rumah, hehehe. Kenal dan bergaul sewajarnya dulu apalagi kami masih warga baru dan baru pulang menikahnya.



GS Lt.4, Senin 15 April 2013
09:44

#8MingguNgeblog

5 komentar:

  1. hihihi... kebayang deh nyonya muda jadi bahan empuk buat diajak ibu-ibu ngegosip :D
    semoga betah dan tetap jadi diri sendiri ya mbak...

    BalasHapus
  2. iya bener
    kdg jd ngobrol geje
    astaghfirullah :j:

    BalasHapus
  3. Mbak Diah: Aamiin... hihii iya nih mbak...

    Mbak Kiki: itu mbak yg suami aku ga mau, makanya disuruh di dalam rumah aja...

    BalasHapus
  4. Akyu suka ngumpul2 sm tetangga soalnya jrg ketemuu, ibu2nya pd sibuk, buka toko, ngantor, sm sibuk ngurusi bocah ndekam di rmh, Jd skalinya ketemu ya heboh hihi...

    BalasHapus
  5. Tangteh Dedew: hihihi... disini emak-emaknya kebanyakan full di rumah, kalau pagi biasanya nongkrong sambil beli sayur di deket rumah, kalau sore ramai di depan rumah :D

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design