Kamis, 18 April 2013

Yuk Mengenal Indramayu.. !!



Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua.

Pas banget nih, sebenarnya sebelum ada lomba ini, saya sudah tertarik untuk menulis tempat yang sudah sekitar dua bulan ini menjadi tempat bagi saya dan suami untuk menjemput rejeki.

Indramayu, sebuah kota kecil di sebelah utara Jawa Barat, sekitar satu jam dari Cirebon, masuk area pantura yang kalau lagi musim liburan atau mudik lebaran macetnya minta ampun. Hal pertama ketika berkunjung ke sini yang paling nyata terlihat adalah bahasa. Bahasa daerah Indramayu yang sampai sekarang ini saya engga paham, hihiiihiiii. Menurut saya pribadi Bahasa daerah Indramayu itu mirip perpaduan antara Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa dengan logat ngapak-ngapak ala Purwokerto itu. Beberapa kali saya mendengar kosakata yang sama dengan kosakata Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Tapi jangan harap ngerti kalau udah satu kalimat, hihihiii. Untungnya, mayoritas penduduknya memakai Bahasa Indonesia.

Selain bahasa, yang menjadi khas dari Indramayu adalah terkenal sebagai Kota Mangga, bahkan sampai ada persimpangan yang diberi nama Bunderan Mangga. Yup, Indramayu terkenal dengan produksi mangganya yang paling te-o-pe, saya sendiri belum pernah mencoba. Saya phobia buah, walaupun kalau mangga bolehlah asal yang masih muda.

Bunderan Mangga

Nah, ini nih yang paling saya suka, wisata kuliner. Salah satu makanan khas Indramayu adalah pedesan entog, tempat pedesan entog yang terkenal adalah pedesan entog Bang Combet, letaknya dekat Sport Center yang bukanya sore-malam, oh ya di sekitaran Sport Center ini kalau malam ramai, banyak tempat makanan dibuka, mulai dari warung tenda, warung ala pujasera yang berjejer, ada pula sepeda-sepeda yang dihias pakai lampu kelap-kelip, sayangnya tempat makan-tempat makan ini bukanya dari sore, silakan berkunjung pas siang dijamin sepi. Hahaha

numpang eksis bareng Pedesan Entog 

salah satu deretan pujasera di Sport Center 

Balik ke pedesan entog, pedesan entog itu apa sih? Pedesan entog, menurut saya mirip-mirip tengkleng Solo kali ya, jadi saudaraan sama gulai tapi engga pakai santan, dan bumbu-bumbunya nampaknya dari segala rempah. Rasanya? Yang pasti pedes, namanya juga pedesan #plaks, bumbunya kerasa banget dan yang saya suka entog alias itik (eh sama engga sih?) ini engga bau amis, mungkin karena bumbunya rempah jadi bau amisnya ilang. Cocok banget nih kalau pas ujan-ujan makan ini, dijamin itu keringet langsung keluar karena kepedesan. Tapi eh tapi buat yang perutnya engga tahan, mendingan jangan deh, panas rasanya, mericanya kerasa banget.

Selain pedesan entog ada juga namanya empal gentong, cuma sayang saya belum pernah coba, belum minat #halah, kata suami bahan utamanya jeroan kayak usus gitu jadi saya agak-agak geli membayangkannya apalagi untuk mencicipi.

Ok deh... sekian  sekilas info dari saya tentang Si kota Mangga, Indramayu, yang masih penasaran main ke  sini yuuuk...

GS lt. 4, Kamis 18 April 2013
10:03

3 komentar:

  1. empal gentong itu khas cirebon nek ga salah..

    BalasHapus
  2. Vera: aku masih rancu...abis kayaknya makanan khas antara Indramayu-Cirebon itu sama... -.-

    BalasHapus
  3. empal gentong, nasi jamblang juga..
    yaa begitulah kota yg berdekatan, tapi beda jauh sama kotaku yg jaraknya cuma 45 menit dari cirebon... :))

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design