Selasa, 31 Januari 2012

My Best Boss

Ini yah kayaknya lagi booming buku-buku yang mencela-cela bos-nya, dari My Stupid Boss sampai My Crazy Boss. Saya pun sebelumnya juga sering posting tentang My Boss, yang haduuuhh bikin makan ati. Mulai dari penerapan peraturan bahwa pasal pertama bos itu tidak pernah salah, pasal kedua semua kesalahan itu Afininda yang menanggung. Siullahh pokoknya mah
Sampai yang namanya mau ke kantor tuuh udah kayak sapi mau dibawa ke tempat jagal sapi, siap digorok pakai golok tumpul. Tidur aja sampai dimimpiin, diomelin di alam nyata maupun alam ghaib. Hiiiiissssshhh
Kebayang ya masalah sepele sampai masalah serius, bawaannya ngomel mulu, ga pernah bener kayaknya. Jadi saya ga ada di tempat cuma 5 menit aja, udah kebakaran jenggot “Kamu kemana aja? Kamu itu harus standby, kalau ada tamu ada telepon gimana”. Kasih pispot aja sono pak di pojokan biar saya tinggal jongkok kalau kebelet, masa ke toilet juga diomelin.
Atau paling tragis misalnya, ada laporan dari Si A, laporan saya yang nyerahin, terus misal laporannya ga sesuai tuh sama kemauan dia, “ini siapa yang bikin?”, “ A, pak”, “ini gimana ini? Bikin laporan kok kayak gini, kamu periksa dong, masa bikin kayak gini blablabla….”. Perlu diketahui ya? Laporan itu biasanya LPJ, lha wong saya aja ga ngerti itu kegiatan apa, laporan ga bener kok ya saya yang diomelin.
Ada lagi, si do’i tuh jadi dosen, for ur information, yang ngoreksi kerjaan mahasiswa mahasiswi dia itu “niihh gue niihh”, orang yang ga punya kapasitas untuk itu,ini soal essay dan tentang Manajemen SDM, Cuma dikasih kunci jawaban, dimana serba salah, kalau mahasiswa itu jawabannya persis kok curiga nyontek, kalau ga persis melenceng-melenceng, skala nilainya gimana? Ahhh bĂȘte, kalau udah dikasih amplop 12, satu amplop isi 20 lembar jawaban, dengan jawaban yang aneh bin ajaib plus bonus tulisan ala sandi rumput. Ampuuuunn… Itu sekelumit ke-BETE-an saya, mana gayanya booo… selangiiiiiiiiittt. Kayak seolah dia tuh terlahir untuk langsung SUKSES. Pokoknya di mata dia, saya itu merangkap segala macem, mulai dari beresin piring kotor sampai ngoreksi kerjaan mahasiswa, kali aja kalau agak lamaan saya disuruh nyuci mobil. Kadang kalau lagi bete tingkat dewa, saya pengen bilang " Hooooiii yang gaji gue, rakyat, bukan looooo", habis ga ada bedanya saya sama pembokatnya dia.

Ok… cukup menghina-hina my eks Boss…. Sekarang Boss baru dong, asli bagai langit dan bumi, boss saya yang baru ini top deh, emang sih saya udah ga jadi sekretaris lagi. Jadiiiii….. Boss saya ini orang Jogja, haluuuuss banget, sederhana, ga nyangka deh eselon II kalau lihat dari penampilannya, sering membaur, ga sok ye, aduuuhh pokoknya low profile gitu.
Kebayang, beliau mau minta dipanggilin orang aja, ga lewat telpon “ maaf afi sibuk? Ini bisa minta dipanggilin X, untuk ke ruangan saya ya?”, atau “maaf ya? Ganggu ga? Bisa minta tolong fotokopi ini”. Asli jadi inget Mpok Minah di Bajaj Bajuri, tapi jangan salah, beliau ini cerdas, saya sering baca tulisan-tulisan beliau di website kantor, kalau lihat dari bahasanya yang nylekit pasti ga nyangka dengan keseharian beliau.
Hihihiiiii… Uno aja yang saya certain kaget, Uno termasuk “aktifis” yang sering baca berita-berita internal, nama bos saya ini ga asing, karena emang doyan wara-wiri, pas saya cerita, dia ga percaya. “Masa sih? Kok kalau nulis beda?”. Ya begitulah, ibarat ngebunuh orang kalau bos saya yang lama itu sekali tebas, kalau yang bos baru bunuhnya disilet-silet.
Bedanyanya lagi, beliau memberi kesempatan kepada semua orang untuk maju. Ahh intinya… My ex Boss is really Bossy. Nah efeknya ke saya ya? Dulu, kalau inget mau ngantor, uhhh malesnya… yang namanya Jam 7 pagi masih asik guling-gulingan di kasur, belum mandi belum apa-apa, ke kantor jalan udah kayak siput habis sunatan, sekarang oowww..maksimal jam setengah 8 udah duduk manis.Padahal dulu tuhh my ex-boss sampai ngomel-ngomel, datang telat pulang teng, sekarang beda dong..kalau kayaknya telat bela-belain naik ojek. Semangat kerjaaa sekarang!!!! 
Jadi inget salah satu quote dari Uno, intinya Pemimpin yang sesungguhnya itu pemimpin yang mampu menggerakkan anak buahnya tanpa harus banyak bicara. Ya Boss saya ini, saya rasa menganut paham Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. (Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat,  di belakang mendorong).
Thank you so much to my boss, saya jadi semangat buat belajar lagi, saya jadi rajin lagi.
Buktinyaa nihh... I'm so happy right now


Gs Lt 4, Selasa, 31 Januari 2012
10:55

6 komentar:

  1. congrats fin, dibalik keprihatinan jaman dulu ada hak besar buat maju masa kini :D
    jogja gituloh.. *njuk opoh? #mrenges

    BalasHapus
  2. 'di masa kini' maksudnya.
    Maksude ya setelah gelap terbitlah terang.. *makin geje

    BalasHapus
  3. bersakit-sakit (hati) dahulu...bersenang-senang kemudian begono maksudnyah??? hhehhee...siiip markusip lah...

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design