Rabu, 29 Februari 2012

Adek


Terinspirasi dari sebuah tulisan Nyinyah Echa, yang lagi seneng-senengnya dipanggil Adek oleh si Abang, alias suami tercintanya. Saya jadi pengen juga berbagi cerita soal Adek, kebalikan dari Nyinyah, yang hampir tidak ada yang memanggil Adek sebelum menikah, apalagi dengan pembawaannya yang dewasa yang membuatnya sering dipanggil Teh, Bunda, (malah) Bu, peace Nyah!!, saya sendiri memanggilnya Teh, padahaldari segi usia saya lebih tua setahun lebih sekarang semenjak dia menikah sering manggil Nyinyah plesetan dari Nyonyah, sedangkan saya lebih sering dipanggil Adek, hampir tidak ada yang manggil Mbak, Kak, dan sejenisnya, sampai kira-kira SMP.
Sejak kecil, saya dan orang tua tinggal di deket keluarga besar Bapak. Bapak yang notabene anak bungsu, membuat saya menjadi cucu paling kecil, ada kakak sepupu yang usianya sebenarnya di bawah saya, tapi karena dari kecil diajari manggil saya “dek” dan saya manggil dia “mas”, semua memanggil saya dengan sapaan “dek”, orang tua juga sama, lebih sering manggil saya “dek”. Bisa dibilang, semua dulu manjain saya, sewaktu mbah kakung dan mbah putri masih ada, yang jemput saya sekolah adalah mbah kakung, dengan Astrea Grand-nya, yang sampai sekarang masih ada, saya selalu  nunggu mbah datang. Yaah, cuma sampai kelas 2SD, karena Maret 1996, mbah kakung pergi selamanya, tanpa sakit sebelum. Tinggal mbah putri, sama seperti mbah kakung, saya termasuk dekat, setiap ke pasar, dibawain jajan, pun setelah saya pindah rumah, mbah sering ke rumah, ngasih uang jajan, bawain jajan.  Kata Ibu, pas saya masih kecil, kemana-mana diewer-ewer (digendong kemana-mana)  sama Mbah Putri.
Miss them so much
Dua kakak sepupu saya yang pengen banget punya adek cewek, sementara saya juga pengen banget punya kakak cowok pun begitu. Pakdhe saya, Bapaknya kakak-kakak sepupu saya ini, pengen banget punya anak cewek, jadilah saya juga selalu diajak kemana-mana. “Dek ikut to dek, nanti makan bareng”, begitu bujuk kakak-kakak saya. Saya yang perempuan ini sering banget ikut mereka nungguin maen bola, naik sepeda keliling kampung, maen sama para laki-laki. Paling seneng kalau saya digangguin, Mas bilang “ itu adek-ku”. Hihihiiiihiiii
Miss that moment
Di keluarga  pihak Ibu juga sama, meskipun saya sebagai cucu pertama, karena jarak saya dengan adek sepupu jauh,tetep panggil “adek” atau “dek” itu masih melekat. Perlakuan yang cenderung memanjakan juga masih terasa.
Waktu itu saya pernah ngambek sama kakak sepupu saya yang pertama, “ Mas kamu tuh ya sekarang engga pernah manggilaku dek lagi, padahal Mas Wahyu (kakak sepupu saya yang lain) yang bandel aja masih manggil aku dek”.  Kakak saya ketawa “iya deh dipanggil dek lagi”. Sama ketika, Ibu saya mulai manggil “nduk” (panggilan untuk anak perempuan dalam Bahasa Jawa), saya protes “Engga mau Bu, aku dipanggil nduk, panggil dek aja”.
Sampai sekarang, usia hampir 25 tahun. Hampir semua memanggil saya dengan embel-embel “dek” dan saya menikmatinya. Entahlah, mungkin bawaan saya yang biasa menjadi si bungsu dan si the one. Bahkan ketika Budhe saya punya anak lagi, sekarang umurnya 12 tahun manggil saya juga “dek”, dan saya pun manggil dia “mas”.

GS LT4, Rabu 29 Februari 2012
10:48

9 komentar:

  1. hnggg...
    kayaknya belum ada yg manggil aku 'dek'... :D

    manggilnya pada 'neeeeenggg' *membisu*

    BalasHapus
  2. Hahhaha, terimakasih sudah ikut mempublikasikan panggilan-panggilan "kebesaran" (eh, atau ke-tua-an?) sayaaa -__-"
    Anw, panggilan "Nene" itu ada indikasi serupa dengan "adek" ga, yaa? *LOL :D

    BalasHapus
  3. dek vera... ahhh asiiingg... kalau sunda mungkin panggilan dek setara kali sama neng...soalnya kalau dalam Bahasa Jawa apa dung? masa nduk...

    BalasHapus
  4. Awwww....duluuuu sekali ada finger of french fries who said that " Nene manja tapi kalau marah galak" huuuuuffhhh emang iya siiiihhh, tapi ga seekstrim Nene-nya Sinchan yang mukulin boneka kelinci... Nene yang ini mukul langsung ke yang bikin jengkel...

    BalasHapus
  5. ups lupa...

    mbak desi sama mbak nana manggil aku 'dek pera' ding... :D

    BalasHapus
  6. btw veee.... kita seumuran ga siiihh????

    BalasHapus
  7. seumuran kok, sama-sama generasi '87... :D

    BalasHapus
  8. @ vera: syukurlah tadinya mau aku panggil dek peya :p

    @mba el: hiihhiiii dan aku suka mba...mbocahi banget yooww??

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design