Senin, 20 Februari 2012

My Jakarta

Engga terasa beberapa hari lagi genap dua tahun sudah saya menjadi bagian dari Kota yang katanya lebih kejam dari ibu tiri ini. Banyak cerita, banyak suka duka dalam mengakrabkan diri dengan kota ini.

Akhir Februari- Maret 2010
Pertama kali menginjak Jakarta karena panggilan kerja, awalnya saya tinggal di rumah Om dan Tante di daerah Jakarta Pusat, sekitar satu jam menuju kantor saya di Gatot Subroto Jakarta Selatan. Awal kerja yang kurang baik waktu itu, itu adalah hari pertama rute busway berubah, awalnya bisa naik jurusan Pulo Gadung-Dukuh Atas turun di Halimun pindah ke jurusan Ragunan, beda dikit sih, Cuma jadi engga boleh turun di Halimun, tapi langsung ke Dukuh Atas terus naik yang jurusan Ragunan. Cuma bukan Afin namanya kalau engga suka ribet dan panic sendiri, masalahnya pas di”try out” beda.
Hal buruknya, ketika itu, dari Shelter Matraman, ada seorang laki-laki kira-kira umur 40an naik dan mendesak saya di antara kerumunan penumpang, saya mulai menyingkir ke pojok deket pintu, dan pas tiba di Dukuh Atas, tangan saya sempat hampir di.. entahlah... cuma saya langsung teriak setengah ngebentak “Apa sih?”. Sontak hampir seluruh penumpang langsung melihat orang itu, dan orang itu dengan wajah panic masih pura-pura sok cool. Sambutan yang luar biasa, untuk hari pertama.
Jakarta yang malas, saya menyebutnya demikian, kebayang  di rumah, di kosan di Semarang, jam 5 itu matahari sudah siap menyambut pagi, dan di Jakarta jam 6 pagi itu ibarat mata kayak orang baru bangun tidur alias kriyip-kriyip. Dimana bisa dibilang saya juga harus adaptasi, jam 7 pagi belum ada warung yang buka, dengan harga yang luuuaar biasa. Harga kosan yang fantastik, lebih dari separoh gaji saya yang entah kapan saya akan terima. Cuma Ibu saya yang… pokoknya kamu ngekos di sini, jangan pindah dulu, setelah setahun ketika kamu udah tahu daerah sini bolehlah  pindah.
3 bulan pertama, tidak seperti seorang teman saya, Erlin, yang setiap weekend sibuk menjelajah kesana-kemari, weekend saya habiskan ke rumah Tante, bertemu sepupu. Sudah, jangan tanya Blok M itu mana, Bundaran HI itu mana, Cawang itu mana. Sempat di… apa ya namanya, jadi ceritanya kita, anak-anak baru, mau ngumpul, Ibu udah wanti-wantiBoleh maen, tapi jangan pulang malam,tau bener naik apa, tau jalan”. Yaaahh, meskipun saya bohong Ibu juga engga tahu, tapiiii… jangan harap saya mau melanggar. Teman saya memutuskan di daerah A, saya nanya “naek apa ya mbak ke sana?” , “depan kos  kamu angkotnya apa aja Fin?”, “engga tau mba… belum merhatiin”,”lha kamu tuh ngapain aja? Ini Jakarta”, saya cuma jawab “aku kan baru seminggu mba”.
Mulailah saya menjelajah Jakarta, pertama kali yang saya kunjungi adalah sebuah klinik kecantikan di daerah Duren Tiga, karena jerawat saya yang haduuuhh ampuun deh waktu itu, dan blok M. Udah berasa Dora, jadi beberapa hari sebelumnya saya nyari di google map, google earth, dan sebuah peta digital. Untunglah teman saya si Agung itu ahli perangkotan, jadi saya selalu bilang “ Gung besok aku mau jalan nih, hape kamu aktif terus ya kalau aku nyasar aku nanya kamu”. Hihihihiiiii, dan dia juga yang bilang “Jakarta engga sekejam yang kamu bayangkan Fi, jalan aja.”
Mulailah saya menjelajah beberapa tempat, sayangnya yaa… sampai hampir dua tahun ini, saya belum ke tempat-tempat yang istilah “ belum ke Jakarta kalau belum kesini”, misalnya ke Mall of Indonesia, Senayan City, Pasar Tanah Abang, banyaklah. Yaa.. gimana jiwa saya bukan jiwa petualang, banter-banter paling jauh juga ke Gramedia Matraman, itu juga kalau niat banget, soalnya di deket kosan juga ada Gramedia meskipun kecil.
Pengalaman buruk lagi selain kejadian di busway¸ sekitar setahun yang lalu, saat saya masih kuliah di salah satu PTS di daerah ujung selatan Jakarta (sekarang resign) adalah ketemu eksibis, pengalaman paling mengerikan. Jadi itu hari Jum’at malam, saya selesai kuliah jam 9 malam, waktu itu jadi ngambil  yang malam juga karena teman saya bilang “ambil aja Fi, ntar lo bareng gue,gue kan bawa motor, kosan gue deket kosan lo”, dan ternyata dia cuma kalau orang Jawa bilang abang-abang lambe thok, pulangnya lah saya naik angkot.Waktu itu udah merasa aneh, ada 4 penumpang, 5 termasuk saya,ada satu penumpang laki-laki, dan yaa tau sendiri eksibis itu ngapain. Sumpah!!!! Rasanya diangkot itu saya gemeteran sambil terus istigfar, saya langsung turun padahal pangkalan metromini yang harus saya naiki masih jauh, di depan ruko yang udah gelap pula. Badan gemeteran setengah mati, mau naik taksi engga ada, untung ada angkot berikutnya saya ngelongok  dulu aman engga, untungnya aman, dan sampai di kosan, saya nangis sejadi-jadinya karena takut.
Besoknya pas saya cerita sama teman kuliah saya,mereka semua malah menertawakan saya “Yaelah Fi, udah biasa di Jakarta orang-orang kayak gitu, tendang aja”. Saya cuma diam. Makanya, rasa syukur saya adalah sekarang udah resign, apalagi dengan maraknya kasus perkosaaan di angkot.
Ada juga pengalaman menikmati car free day di Thamrin, bersama Teh Echa, menggeje di sepanjang jalan Thamrin, foto di tengah jalan, nyanyi-nyanyi berdua, sampai ke Plangi (Plasa Semanggi). Lumayan bikin pegel.
Yaa.. itu sebagian kecil cerita saya dengan Jakarta
GS LT4, Senin 20 Februari 2012
08:18

11 komentar:

  1. eksibis apa sih?
    populer tapi aku gak tau apaan itu... :|

    aku kalo jalan sendiri juga gak bakal jalan fin, anak rumahan tadinya.
    tapi pas ketemu jiwa-jiwa petualang, ketularan mereka deh :))

    BalasHapus
  2. vera: agak vulgar ya ve...jadi biasa laki-laki yang memperlihatkan alat kelaminnya gitu...


    mba ii: betah sih betah mba...namanya hidup jauh..kalau Ramadhan suka mewek kangen rumah, buka sahur sendiri, kangen masakan rumah..belum lagi klo macet, keinget pas di semarang bisa naek motor kemana-mana...tapi ya ini yang harus dijalanin...

    BalasHapus
  3. sama
    *padahal di depok baru 2 bulan

    *peluk afin

    hehe

    BalasHapus
  4. oalah..
    Bener kata temenmu fin, tendang aja..

    BalasHapus
  5. *peluk balik* mba ii pokoknya paling kerasa tuh pas Ramadhan sama pas sakit, shock dengan harga yang mahal-mahal...kebayang di Semarang 5000 tuh udah bisa makan kenyang (2 nasi kucing,2 mendoan aja masih nyisa 1000), di Jakarta ga dapet apa-apa 5000... T.T beli sayur 1000 aja ga boleh...

    BalasHapus
  6. nggilani veee... sumpah kejadian itu bikin aku gemeteran saking takutnya... ngempet nangis pas nyampe kos aku nuangiss...tapi aku sampai sekarang ga cerita ke Ibu, bisa shock ibuku, dan males neranginnya apa itu eksibis ke ibuku...hadoohh sumpah takut aku....

    BalasHapus
  7. iya bener
    harga di sini mahal2
    orangnya jutek2

    jadinya slalu mbandingin sama smg/jogja trs yah
    apalagi tembalang fi
    lbh murah2

    BalasHapus
  8. iyaa... kosan di tembalang juga jauh lebih murah.. tapi jangan tanya sekarang mba..kata temen-temenku semenjak semua fakultas pindah ke tembalang...semua melangit ....

    BalasHapus
  9. hu um
    udah metro si tembalang
    gaya banget dah
    nyebrang aja ga bisa

    BalasHapus
  10. aku belum kesana lagi mba semenjak lulus :(

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design