Senin, 11 Juli 2011

Behel oh Behel

Kali ini saya mau berbagi cerita soal behel yang udah setia nangkring di gigi saya setahun belakangan ini.
Sekitar tahun 2005 ketika saya kelas 3 SMA, sebenarnya sudah sempat pake, tapi yang model lepasan, semacam retainer gitu. Alhasil, saya yang doyan makan jadi males pakai, soalnya setiap maka retainer itu harus saya lepas. Kebayang kan repotnya lepas-cuci-pakai. Hanya bertahan satu bulan saja!!!
Kuliah, mulai lagi pengen pakai, tapi kata ibu "halah ntar kamu lepas lagi". Merengek-rengek tetep aja engga diijinin, malah dapat pilihan "mau lanjut S1 apa pake behel". Huuuufhhh..
Singkat cerita, akhir Juli 2010 lalu, akhirnya saya pakai. Sebelumnya banyak searching dulu tentang behel. Kuncinya:
1. Cari yang spesialis ortodonti
2. Jangan cuma satu dokter aja
Setelah tiga kali ganti dokter, saya putuskan ke yang terakhir ini, alasannya deket dari kantor ataupun kosan, bisa dicicil, spesialis ortondonti juga. *satu hal yang membuat menyesal adalah ternyata di klinik kantor itu ada!!! dadn harganya jauh lebih murah, spesialis ortodonti juga. Huuuffhh..
Daann daaann.. yang terburuk adalah... kebayang ga gigi saya langsung dicabut 4!!!! padahal itu ga boleh... hiks... bodohnya saya!!!
Emang iya sih.. udah rotgen, dan saya juga ditanya, saya ga mau sakit bolak balik, dan ga mau kelamaan ompong satu-satu. *buat pelajaran yang lain yaa?
Pengalaman seminggu pertama
Setelah pakai behel, saya juga dibekali obat buat mengurangi ngilu, dikasih nasihat macem-macem. Makan harus yang lunak-lunak, kalau udah kuat makanan dipotong kecil-kecil, terus rajin bersihin. Dan... tau ga yang saya lakukan? Semenjak pakai behel saya nyanyi-nyanyi *soalnya kalau diem ngilunyaa, saya ga mau minum obat karena saya pengen menikmati prosesnya, terus hari pertama saya makan ayam kremes, alhasil cuma diemut-emut aja. Nekat ya? Banget!!!
Pokoknya saya nikmatin banget itu, padahal sahabat yang udah duluan pake behel, dia bilang sampai nangis-nangis. Emang ngilu asli ngilu banget apalagin kalau bangun tidur, gigi atas ketemu gigi bawah aja duuhh rasanya.
Eh ya warna karet yang saya pilih pertama adalah pink biru.
Dua minggu pertama
Asli!!! ini baru kerasa, nyanyi dan bawel udah ga ampuh buat ga ngilu, alhasil saya jadi pendiem, ngilunya ampun-ampunan. Sariawan 6-7 tiba-tiba muncul di mulut, makan roti yang udah dicelup pun ga bisa ngunyah, alhasil saya cuma minum energen, dan sari roti yang yang dicelup, kadang oatmeal. Akibatnya... saya diare!!!
Setelah itu, saya bener-bener biasa aja sih, ya ngilu kalau habis di kencengin, kadang sampai ga bisa tidur semalaman. Ga doyan makan, sekarang sih, udah biasa, paling ya itu kalau habis dikencengin kawatnya, besok paling makan yang lembut-lembut.
Setelah setahun
Gigi saya yang mundur udah rata, yang samping kanan-kiri juga udah mundur, sekarang tinggal yang bawah nunggu rapat, nah yang atas masih keliatan ompongnya nih. Harus sabar lagi!!!
*Foto-foto dari masa ke masa pas pake behel nyusul ya??

6 komentar:

  1. dinikmatin mba el..awal-awal emang ngilu..

    BalasHapus
  2. uh, 4 gigi? Dicabut?
    *tiba2 ada lagu Meggy Z

    BalasHapus
  3. ga kerasa sih ver..kan udah disuntik... cuma berasa jontor aja.. karena bibir jadi mati rasa....

    BalasHapus
  4. ternyata pake behel itu penuh perjuangan ya? hmm

    btw, salam kenal :)

    BalasHapus
  5. iyaa.. hihihii.. salam kenal juga dari afin ::shakehand::

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design