Senin, 13 Mei 2013

Balada Beasiswa



Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Sebagai mahasiswa, kala itu, saya bukan termasuk orang yang suka mengikuti apa yang kebanyakan mahasiswa pada umumnya. Mungkin saya termasuk mahasiswa eh mahasiswi cupu yang kupu-kupu, yaitu kuliah pulang kuliah pulang. Buat saya daripada nongkrong geje  (baca: engga jelas) mendingan pulang ke kos, tidur, ngegame, nonton film, atau bahkan nyuci.

Ini yang bikin kadang saya ketinggalan info atau hot gossip yang ada di kampus, salah satunya adalah soal beasiswa. Info yang setengah-setengah membuat saya kadang tahunya udah ditutup aja beasiswa itu. Baru di sekitar semester 3 atau semester 4 saya mulai deh rajin nongkrong di Kajur alias Kantor Jurusan sambil liat-liat papan pengumuman. Eh, kebetulan ada beasiswa, ada beberapa jenis beasiswa kala itu. Saya pun ikut tanya ke teman-teman yang sudah ikut, karena biasanya syarat utamanya engga beda-beda jauh kok antara beasiswa yang satu dengan yang lain. Cuma ada satu yang mengganjal di hati saya, kok semua beasiswa yang masuk ke jurusan saya, semua ada syarat “Surat Keterangan Tidak Mampu”.

Bukan saya sombog, saya juga bukan anak orang kaya, tetapi sejauh ini Bapak dan Ibu masih sanggup kalau untuk membiayai kuliah saya, apalagi biaya kuliah saya per semester kala itu kalau tidak salah masih dibawah 2 juta rupiah, dan karena saya kuliah di universitas negeri tidak ada biaya per sks. Saya sempat tanya ke bagian administrasi apakah ada beasiswa yang tanpa surat keterangan tidak mampu, jawabnya tidak ada. Saya sempat bimbang, satu sisi jujur saya rasanya ingin sekali mendapatkan beasiswa seperti teman-teman saya yang lain, tetapi di sisi lain hati saya mengingkari, ada rasa bagaimana kalau orang tua saya justru sedih karena merasa kok anaknya merasa orang tuanya tidak mampu membiayai.

Entah kenapa saya teteup aja kekeuh dan bilang ke rumah kira-kira bisa engga ya minta surat keterangan tidak mampu, saya cuma pengen merasakan gimana sih rasanya megang uang, megang uang beasiswa. Ibu saya ketawa dan bilang iya nanti dicoba. Karena Bapak juga sibuk dan saya juga setengah-setangah mengurusi soal beasiswa itu,  hingga tau-tau tinggal beberapa hari beasiswa itu ditutup, dan saya telepon ke rumah “Bu, engga usah diurus, aku malu, masa aku aja pegang laptop pegang hp 2 aku mau bilang aku engga mampu”.

Saya bukannya apa-apa, saya juga tidak menyalahkan teman-teman saya yang mengambil beasiswa itu, itu pilihan mereka. Tapi apa yang membuat saya mundur adalah saya malu pada diri saya sendiri sekaligus miris. Alhamdulillah saya punya laptop meskipun merek China, Alhamdulillah saya pegang 2 hp meskipun bukan hp paling canggih, Alhamdulillah uang bulanan dari orang tua juga lancar, lalu kenapa saya masih pengen minta keterangan saya tidak mampu.

Jujur, kadang saya miris melihat beberapa teman-teman mahasiswa yang menurut saya mampu, bahkan berkecukupan mengajukan beasiswa, sering saya dengar “ntar kita mall yuk, beasiswa bulan ini udah masuk atm lho..” . Ya apapun itu, itu pilihan mereka, tapi terkadang saya juga gemes, ada beberapa teman mahasiswa yang benar-benar tidak mampu justru tidak mau mengajukan beasiswa, yang saya tahu alasannya karena malu, malu mengakui mereka engga mampu dan harus ke RT, RW, keluarahan, karena kadang demi selembar kertas harus menerima cibiran. Ini bikin saya langsung deg, saya malu sekali rasanya sama orang tua saya, kurang bersyukur sekali saya ini. Kenapa saya tidak memikirkan perasaan mereka kalau waktu itu benar-benar mengurus surat keterangan tidak mampu, bagaimana jika Bapak atau Ibu dapat pertanyaan “Masa dua-duanya guru biayain anak satu kuliah aja engga bisa Pak/Bu?”

Pukulan telak bagi saya, bahkan teman saya saja rela mendaftar kerja part time demi uang kuliah, bukan dengan “mengemis” beasiswa yang sebenarnya masih kita pertanyakan  kepada diri kita sendiri, “benarkah kita  benar-benar membutuhkan beasiswa ini?”

Rumah Dahlia, Senin 13 Mei 2013
14:41


gambar dicomot dari sini

20 komentar:

  1. Sebenarnya kesahan dari pihak universitas juga, karena untuk beasiswa berprestasi pun, harus mengikutsertakan lampiran surat keterangan tidak mampu dari Kantor Lurah..Harusnya kan tidak usah. Saya waktu kuliah mengalami hal itu, beasiswa P3 yang sudah jelas untuk peningkatan akademik, juga harus melampirkan surat demikian. Tapi apapun itu, tidak masalah dan tidak jadi beban moral selama kita benar-benar memaksimalkan beasiswa untuk kebutuhan akademik..")

    BalasHapus
  2. Ajukan beasiswa prestasi saya Mba, hehehe... bisa bikin bangga ortukan, hehehe...

    BalasHapus
  3. mbak shaela: iya mbak... saya sampai nanya waktu itu emang engga ada ya yg ga pake surat keterangan tidak mampu, ternyata emang engga ada kalau yg dijurusan saya. Klo ga salah kan ga semua beasiswa masuk ke semua jurusan waktu itu...

    mbak aisyah: waktu jaman saya dulu beasiswa yg murni prestasi aja engga ada mbak,kyk syarat mutlak gitu pake keterangan tidak mampu -.-

    BalasHapus
  4. wah aku juga pernah ngerasa gitu dulu mba.
    jadi, pas aku kelas 3 SMA, aku ikut daftar program beasiswa masuk universitas swasta. ternyata, beasiswa itu ditujukan untuk temen2 yang kurang mampu, tapi berprestasi. aku baru menyadari pas udah ngirim formulirnya.
    dalam hati,"ya Alloh, padahal kedua orang tuaku guru, tapi aku kok ikut program ini ya?" aku ngerasa ga enak, tapi berhubung udah daftar, jadi mau ga mau tetep ikut tes seleksinya. dan mungkin udah diatur oleh Alloh, akhirnya aku malah dapet beasiswa itu. jadi, yah pandai2 kita bersyukur aja, apapun keadaan kita, rejeki udah ada yang ngatur :)

    BalasHapus
  5. Pengalaman n perasaan kita sama di kasus sisi lain ini (doooh...nyama-nyamain..hehe). Mski sy gak bisa megang leptop n hp saat kuliah, tp malu krna ortu ttp pegawai negeri (polisi). Mski uang bulanan pas-pasan krna sodara2 jg skolah, malu minta keterangan tdk mampu krna d kampung msh lebih mampu d banding lain. Bujtinya bisa nguliahin 4 anak. Tapi sy sempat merasakan beasiswa selama setahun. Namanya BBBM kalo gak salah. Syarat cuma rekomendasi dri BEM n fc.kartu mahasiswa. Beasiswa itu u mahasiswa yg aktif berorganisasi di lembaga kampus.

    BalasHapus
  6. yg beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik a.k.a PPA aj pk keterangan tdk mampu lho, pdhl i2 khan berdasarkan IPK...

    BalasHapus
  7. mbak zaitun: yup bener mbak... kuncinya pandai-pandai bersyukur, mungkin apa yg mbak alami itu udah jalannya, saya yakin mbak juga ga akan kan nerusin ngirim klo tau dari awal heheheh

    mbak isma: beruntungnya mbak isma, dulu satu-satunya yg ga pakai beasiswa tanpa surat itu klo ga salah beasiswa sepeda, jadi yg ngampus pakai sepeda, tetep aja saya ga lolos hihihi wong saya jalan kaki...

    saya pernah baca "orang biasa selalu berpikir untuk menabung tetapi selalu merasa kurang",mungkin itu yg saya alami dulu, jadi memang harua pintar2 bersyukur dan melihat sekeliling dulu...

    eh tos dulu kan samaan hehehehe

    BalasHapus
  8. karena sama2 mahasiswi kupu-kupu jadi gak tau kalo ada info beasisawa:D

    BalasHapus
  9. mbak aty: iya ya mbak... padahal kita eh saya kali ya hihihii...pengen juga dapet beasiswa yg ga pake surat itu...


    mommy: tapi ga ngefek juga mom, kejadian kayak gitu, jadi ga minat

    BalasHapus
  10. Baru tau ada beasiswa sepeda.... :D

    BalasHapus
  11. saya dulu pengeeeen banget ngerasain dapet beasiswa, kayak keren gitu. hihi
    ternyata ngurusnya ribet juga ya, kudu ke sana ke mari minta bukti dari RT-RW-dan para aparat sekalian :p Ah, ribeeet >.<

    BalasHapus
  12. mbak isma: iya mbak dari pol*gon apa ya dulu, lupa hihihii selain dapat uang beasiswa dapat sepeda juga...

    mbak arga: iyyaap... kerennya sebanding sama ribet n malu ga ya mbak? :)))))

    BalasHapus
  13. Sekarang ada kok beasiswa yang gak harus pake surat keterangan tidak mampu yaitu beasiswa prestasi akademik. Itu asli bikin bangga siapapun karena yang dapat artinya satu: dia berprestasi di kampusnya.

    BalasHapus
  14. mbak ade: Alhamdulillah ya mbak... saya waktu itu sekitar tahun 2007an duh ketahuan deh angkatan tahun brp saya kuliah...hihihihiio

    BalasHapus
  15. Benar juga, beasiswa seharusnya untuk mereka yang belum mampu, namun ironis juga karena pengurusan beasiswa hanya dipercaya setelah ada surat keterangan yang tidak mampu padahal surat2 seperti itu bisa saja dibuat2, apalagi di kelurahan setempat hanya tinggal bayar "uang capek" maka surat itu keluar. Pihak penyalur beasiswa tidak selektif, tidak melakukan penelitian dulu apakah mahasiswa/i itu dari golongan mampu atau tidak?.
    Dan anda mengambil tindakan yang bijak sebagai tanggungjawab moral...

    BalasHapus
  16. maaf nih mbak, paragraf pertamanya kok isha kayak yang kenal ya.. di buku apa gitu..

    BalasHapus
  17. kak isha: paragraf pertama? yg tulisan anging mammiri? atau ya kedua?

    setiap paragraf ditulisan ini engga ada yg saya jiplak kak ataupun saya contek dan saya ubah-ubah, semua tulisan asli saya.

    BalasHapus
  18. extraindo:dari beberapa komen di blog ini, denger2 sekarang sudah ada yg tanpa surat itu... saya rasa mungkin sebaiknta syaratnya disesuaikan dgn sasaran, kalau memang untuk yg belum mampu ya melampirkan dan pihak yg menyeleksi pun harusnya bnr2 selektif...

    BalasHapus
  19. Sewaktu saya kuliah, saya pun tdk pernah kemana2, krn ga ada doku hehehe, pulang kuliah langsung ke kost.

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design