Kamis, 16 Mei 2013

Saat Rasa Senang dan Sedih Duduk Berdampingan


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keenam.

Saya suka menulis sebenarnya dari SD. Kelas 2 SD sudah mulai menulis buku harian alias diary. Meskpun tidak rutin menulis kebiasaan itu terus berlanjut sampai kira-kira kuliah. Bagi saya mengungkapkan perasaan lewat tulisan itu jauh lebih mudah daripada harus ngomong. 

Meskipun bagi kebanyakan orang saya ini termasuk cerewet dan ramai, untuk mengungkapkan kemarahan dan unek-unek saya lebih lega jika saya tulis dibanding saya ngomong. Dimana pun saya berada, saya suka nulis yang bagi sebagian orang mungkin tidak penting, misalnya ketika masih sekolah, saat pelajaran berlangsung saya ngantuk, pasti saya gambar di buku dan ditulis “aku ngantuk” dst, atau ketika kuliah ketika saya kesal dengan diri sendiri yang  berusaha mengerjakan tugas kuliah tapi engga bisa, biasanya saya curhat dulu tentang perasaan di kertas, saya ungkapkan semua perasaan saya. Makanya, saya agak enggan kalau ada yang masuk kamar saya, soalnya penuh dengan selebaran kertas curhatan.

Kesenangan saya menulis berlanjut sekitar tahun 2009an saya memutuskan bikin blog, dan mewajibkan diri saya minimal satu minggu nulis, apa daya saya mulai malas. Dan jarang nulis, akhir tahun 2009 saya dikenalkan mbak Dewi dengan multiply. Di situ saya mulai mengenal dunia luar, saya belajar menulis lagi. Kesulitan saya mengungkapkan perasaan lewat verbal malah jadi lahan tersendiri. Satu sisi sedih, tapi satu sisi senang karena ada bahan tulisan dan perasaan saya pun menjadi lega.

Awalnya saya tidak berani menginvite teman-teman yang kenal saya, bagi saya biarlah orang dalam dunia nyata mengenal saya sebagai sosok yang ramai, ceria, heboh, dan biarlah sisi kesedihan dan kegalauan saya cukup dunia maya yang mengetahui. Saya menikmatinya. Dua sisi yang berbeda dalam diri saya, saya tempatkan pada dua tempat yang berbeda. 

Saya mulai belajar nulis rutin lagi, dan anging mammiri ini adalah kompetisi pertama yang saya ikuti, itupun dari Vera, teman dunia maya saya yang memberi tahu yang berkecimpung di dunia blog lebih lama dari saya. Saya mulai menikmati, dan I’m so happy, really happy. Ada perasaan ini dunia yang saya mimpikan dulu, asyiknya nulis. Sampai kejadian tadi malam, ada sebuah komentar yang masuk, beliau menyatakan de javu, tulisan saya katanya kok mirip yang buku yang pernah beliau baca.

Ahhhh sedih, beneran deh kata suami saya, saya ini kelewat sensitif. Satu sisi saya merasa bahagia karena finally, saya bisa  rutin nulis lagi seperti ini, ketika nulis itu rasanya seperti tinggal menggerakkan jari jemari, meskipun kualitas tulisan saya masih amatir sekali, tapi saya senang, lalu tiba-tiba ada yang menyangka saya memplagiat. 

Jujur setiap nulis, jarang saya edit dulu, langsung ketik kemudian posting.  Engga pernah saya simpan-simpan dulu, dan bukan tipe yang nulis-rehat nyari ide-nulis lagi. Buat saya nulis ini semacam tempat curcolan, tempat berbagi kisah, yang ketik-baca sebentar-posting,makanya sering typo di postingan saya.

Yaa... namanya hidup senang sedih pasti datang sepaket, satu sisi senang satu sisi sempat sedih, tapi ya biarlah, eh berusaha membiarkan. Saya sempat kaget aja, eh sedih juga deng, tapi banyak kagetnya hihiihiii... tulisan acakadut masa hasil nyadur, njiplak atau apapun itu Engga patah semangat. 

Arti kompetisi ini sendiri bagi saya sebagai penyemangat agar rajin nulis lagi yang istilahnya saya baru balik lagi ke blog, minimal rajin nulis selama delapan minggu. Terus semangat!!! Seperti  quote yang pernah saya baca, manis akan terasa lebih manis setelah mengecap yang pahit. Semangaaat!!
*ala Han Jie Eung

Rumah Dahlia, Kamis 16 Mei 2013
11:06
 gambar dicomot dimari

9 komentar:

  1. kakak..saya mau koment pakai Name and URL tapi tak tersedia, jadi pakai akun google lain...

    http://pingplangplong.blogdetik.com
    :)

    BalasHapus
  2. Tetap semangat menulis, orang bisa menilai apapun, namun kita yang lebih tahu tentang tulisan kita kan? Angjing menggonggong, penulis tetap menulis ;-)

    Sayapun, sempat vakum menulis blog bertahun-tahun, ikut lomba yang diselenggarakan Anging Mamiri jadi terpacu kembali.

    BalasHapus
  3. extraIndo: cemunguudhh kakak... ^^

    kak Aisyah: semangaaat!!! kalau dipikir2 benar ya, kenapa anak sekolah dikasih PR, biar belajar, ada lomba blog biar yang lama vakum jadi mau nulis lagi hihihiii

    BalasHapus
  4. Kalo saya, cerewet di tulisan, cenderung lebih diam kalo lisan :D
    Setelah 8 minggu, insya Allah tetap ngeblog tiap minggunya kan ya ? :)

    BalasHapus
  5. kak niar: Aamiin insyaAllah ka :)

    BalasHapus
  6. Menulis memang panggilan jiwa ya...

    BalasHapus
  7. iiih.. sama banget kita. lebih seneng untuk mengungkapkan perasaan lewat tulisan, selain itu jarang ngedit tulisan langsung posting. haha :)

    kak afhien, kenapa gak di wp ka? :3

    BalasHapus
  8. mbak santi: hehee iya...

    ayyu: ada wp juga tapi jarang update...hihihii...males pindah pindah lagi...

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design