Jumat, 10 Mei 2013

I Love You Forever


Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kelima. Ini adalah postingan saya yang kedua untuk lomba ngeblog Anging Mammiri minggu kelima.

Jika tulisan sebelumnya, yang bisa dilihat di sini, saya bercerita tentang cinta pertama kepada makhluk hidup ciptaanNya, kali ini saya ingin berbagi kisah cinta pertama saya kepada sebuah hobi yang menurut beberapa orang agak dianggap sudah kelewatan.

Saya dibesarkan dengan lingkungan keluarga yang gemar membaca. Tak aneh bila kebanyakan kado dari saudara lebih banyak buku daripada mainan. Saya sendiri agaklupa usia berapa saya  lancar membaca, yang saya ingat saya sudah mengenal huruf sejak TK nol kecil namun belum bisa membaca, hobi saya dulu corat coret huruf ditembok dan bertanya ke ibu, misalnya seperti ini, ada tulisan  P W R S T, saya akan bertanya “bu pe (P), w (we), er (r), es (s), te (t), bacanya apa?”.

Mulai dari kebiasaan corat coret huruf di tembok, saya punya hobi baru yaitu pura-pura baca. Jadi setiap ada majalah atau bahkan buku kosong, Afin kecil ini suka sekali baca-baca keras atau lebih tepat ngomong keras-keras sambil jarinya gaya di buku. Ceritanya membaca sambil nunjuk huruf.

Selain aneka majalah anak-anak, buku cerita rakyat, Ibu saya langganan Majalah Bahasa Jawa, Panjebar Semangat dan sesekali membeli Tabloid Nova.  Kebayang engga anak kelas 2 SD  baca majalah basa Jawa. Yup,  dari yang awalnya suka gegayaan baca-baca majalah (duduk sambil sok sok membaca keras-keras padahal apa yang saya ucapkan beda dengan tulisan di majalah bahkan buku tulis kosong) jadi bener-bener suka baca. Akhirnya selain langganan majalah Panjebar Semangat, Ibu juga langganan Majalah Bobo untuk saya, ini akibat hausnya minat baca saya. Kalau mungkin anak lain selalu bertanya “Bu, masak apa? Engga ada yang lain lagi nih?”, saya justru sering membuat Ibu kesal dengan pertanyaan “Bu engga ada bahan bacaan lagi ya”, saking cepetnya saya habisin isi majalah, dulu sering saya baca berulang-ulang, kadang sampai iklan pun saya baca gara-gara Ibu kesel, hihiiihii. Jadi kalau udah gemes denger saya nanya terus ada bacaan lain engga, dijawab ibu “iklannya aja dibaca juga” dan saya dengan polosnya nurutin lho.



Hal paling membahagiakan itu adalah kalau liburan sekolah ke rumah eyang. Kenapa? Di sana akan melimpah bahan bacaan, iya eyang saya langganan Majalah Panjebar Semangat, Majalah Jayabaya, Tabloid Nova, dan bonus Majalah Bobo kalau saya lagi datang. Inilah hobi pertama saya, dan inilah cinta pertama saya, ketika membaca bukan lagi sebuah kebutuhan, ketika setiap mendengar kata buku membuat saya berdebar-debar, halah. Tapi benar setiap ada ngasih kado bentuknya kotak, seperti buku saya pasti langsung deg deg kan kegeeran, buku apa yaa yang dikasih ke saya.

Jatuh cinta yang akan aneh ketika seorang bocah SD hobi baca majalah Bahasa Jawa, itu yang sering dilihat orang, yakin deh baca majalah Bahasa Jawa itu agak susah lho untuk yang tidak biasa, karena tulisan beda dengan pengucapan, contoh umum huruf “a” banyak dibaca “o”. Kecintaan saya terhadap membaca ini sempat agak di”ingetin” oleh kedua orang tua saya, karena pertama selain menumpuknya bahan bacaan di rumah, saya ini jadi tersugesti engga bisa makan dan tidur tanpa membaca, jadi saya jadi punya kebiasaan makan sambil baca, sebelum tidur baca. Posisi membaca juga tidak benar, asal pewe alias posisi wuenak aja.



Sudah tahun kedua ini saya langganan ikut langganan majalah bahasa jawa, tadinya Panjebar Semangat dan Jaya Baya. Tapi sudah 2 minggu ini Panjebar Semangat saya stop, belum nemu agen setelah saya pindah ke Indramayu. Hiks...

Langganan majalah Bahasa Jawa ini lah yang sering membuat orang agak menganggap saya aneh mungkin, saya sih udah kebal. Soalnya dari kecil saya sudah sering dibilang kayak mbah-mbah aja bacaanya kayak gitu, padahal ya isi majalahnya itu bagus lho, banyak tentang kehidupan sehari-hari. Mulai dari tips, cerita lucu, sampai cerita horor.

Mungkin ini yang dinamakan sudah cinta kali ya,  bukan sekali dua kali saya diprotes orang-orang di sekitar saya, termasuk suami saya. Budget terbesar saya adalah untuk membeli buku, saya juga pernah dianggap aneh hanya gara-gara sepanjang hari saya cengar-cengir geje alias engga jelas, dikira saya lagi jatuh cinta sama orang. Hari itu saya memang benar sih jatuh cinta, jatuh cinta pada buku, jadi ceritanya saya lagi nguber buku Untold Story Soeharto, dan finally saya dapat, walaupun harganya yaa ngabisin Uang Makan sebulan seorang PNS kala itu, tapi puas dan bahagia banget rasanya.

Yaa... namanya kalau sudah cinta ya, mau kayak gimana pasti berjuang keras untuk mendapatkannya bukan?? yaa I Love You Forever, my Hobby. Hihihihi maksa banget kalimatnya.

Rumah Dahlia, 10 Mei 2013
19:25


3 komentar:

  1. Hobi yang mengasyikkan sekalii..*sesama kutu rambut eh buku..

    BalasHapus
  2. Membaca jenis bacaan apapun, itu persoalan selera. Dan tidak ada rumus detail untuk menjelaskannya. Silahkan diteruskan ekcintaannnya sama hobby bacaan Jawanya mbak.. Jarang lo yang punya kesukaan seperti itu.

    BalasHapus
  3. mak dedew: iya mak.. sampai lupa waktu...

    mbak shaela: siaaapp!!! hihihihi

    BalasHapus

 

Ndoroayu's Zone Template by Ipietoon Cute Blog Design